Tortor merupakan salah satu budaya batak yang mengidentifikasi gerakan tubuh.tortor merupakan bahasa batak yang artinya tarian.manortor artinya menari.tortorhon artinya di tarikan.jadi tortor memiliki makna doa kepada tuhan yang maha kuasa dan doa kepada leluhur agar menerima berkat kepada keturunannya dimanapun berada.wisatawan yang berkunjung ke pulau samosir,danau toba kalau datang pada saat yang tepat akan menemukan acara masyarakat setempat yang didalamnya ada tortor,seperti acara adat pernikahan,acara adat kematian,maupun acara hiburan tertentu.sebelumnya tortor bukan sebuah hiburan yang dibuat untuk dipertontonkan,melainkan sebagai upacara penyembahan kepada sang pencipta tuhan yang ,maha kuasa.

tortor dengan gondang merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan.tanpa musik gondang maka tidak bisa manortor.sebaliknya manortor tidak dapat dilakukan tanpa gondang.gondang merupakan seperangkat alat musik tradisional batak yaitu taganing,gordang,ogung,dan hesek.ada beberapa jenis gondang yang didalamnya dilaksanakan manortor (menari) yaitu :

  1. Gondang dalam upacara keagamaan,yaitu gondang yang dilaksanakan untuk menyembah tuhan pencipta alam semesta yaitu gondang debata asi asi,gondang debata guru,gondang mula jadi,gondang mula horas.
  2. Gondang dalam upacara adat apabila ada orang yang meninggal yaitu gondang saurmatua,gondang sarimatua.
  3. Gondang dalam upacara adat pernikahan yaitu gondang mula-mula,gondang sampur marmere,gondang marorot,gondang somba-somba,gondang sitio tio.
  4. Gondang naposo bulung yaitu gondang yang diselenggarakan oleh muda mudi batak yang belum menikah.biasanya panitia gondang mengundang muda mudi naposo dari kampung lainnya untuk datang ke acara gondang tersebut,dan disana muda-mudi yang berbeda perkampungan bertemu dan berkenalan,dan banyak yang menemukan jodoh di acara gondang naposo tersebut.adapun jenis gondang yang digunakan adalah gondang husip-husip,gondang sitapitola.

dalam setiap gondang tersebut diiringi tortor yang memiliki gerakan yang berbeda-beda tergantung jenis gondang yang dimainkan.diambil contoh gondang husip husip yang ditampilkan pada gondang naposo.husip husip artinya berbisik ilustrasinya pertemuan muda mudi yang baru kenalan. tarian dalam gondang naposo lebih meriah dan semangat.

beberapa jenis tortor yang memiliki perbedaan sesuai dengan acara pelaksanaannya,irama musik yang mengiringi,dan gerakan tubuh saat menari yaitu ;

  1. Tortor yaitu tarian yang digunakan dalam upacara adat dengan diiringi gondang sabangunan yang memiliki makna penyembahan kepada tuhan yang maha kuasa.
  2. Tortor hatopan yaitu tarian yang memiliki gerakan pada awal sebuah gondang dan gerakan tersebut baku dan tidak dapat dirubah.dalam tarian ini laki-laki dan perempuan memiliki gerakan yang berbeda.
  3. Tortor punjungan yaitu tarian tortor yang memiliki gerakan bebas dan gerakan penari mengikuti irama gondang,tortor jenis ini ditemukan misalnya pada acara gondang naposo bulung.
  4. tumba yaitu tarian muda mudi batak yang biasanya dilakukan malam hari saat bulan purnama,gerakannya sama dengan tortor hanya ditambah dengan gerakan menepuk lutut dan tepuk tangan ditambah gerakan mengayun dan hentakan kaki.

gerakan badan saat manortor juga unik yaitu mangurdot (kata dasar urdot).arti dari mangurdot adalah membuat gerakan badan mengikuti irama gondang yaitu bunyi ogung oloan dan ogung ihutan.posisi badan sebelum tortor dimulai adalah berdiri dengan sikap sempurna dengan posisi kedua tangan dilipat dan diletakkan diatas perut,dengan posisi kepala agak menunduk.beberapa jenis gerakan tortor dalam suatu gondang antara lain :

  • Gondang mula -mula :tortor mula-mula dilakukan oleh pria dan wanita dan mangurdot dimulai setelah suara sarune terdengar kemudian menaikkan kedua tangan dan meletakkan kedua tangan di depan ulu hati,setelah beberapa saat kedua tangan diturunkan pelan-pelan dan kembali dilipat di dekat perut,gerakan tersebut diulangi.adapun arti dari gerakan tersebut adalah bahwa segala sesuatu yang dikerjakan harus berawal dari hati yang bersih.
  •   Gondang somba-somba: tortor somba-somba dilakukan oleh pria dan wanita dengan gerakan mangurdot setelah mendengar bunyi sarune ,perlahan kedua tangan naik ke depan ulu hati sambil mengikuti irama gondang,kemudian setelah beberapa saat kedua tangan ditelakkan di depan dahi sambil posisi menunduk,kemudian turun pelan-pelan dan mengarahkan tangan di depan ulu hati,kemudian tangan diletakkan di depan perut.adapun makna dari tarian ini adalah untuk menghormati tuhan yang maha kuasa,roh-roh  leluhur,karena dengan menghormati mereka maka kita akan diberkati dimanapun berada.
  • tortor raja yang biasanya dilakukan oleh pria dan wanita dengan gerakan mangurdot setelah gondang dimulai dan kemudian posisi tangan diarahkan kedepan ulu hari,dan beberapa saat kemudian kedua tangan dibuka dengan posisi diatas pundak,kemudian turun dan kedua tangan diturunkan ke pinggang.makna dari tarian ini adalah bahwa setiap raja atau boru ni raja (putri batak) harus siap menerima beban dipundak,baik itu beban keluarga,dalam lingkungan masyarakat,dengan harapan beban tersebut dapat diselesaikan dengan bijaksana.
  • tortor siboru yang biasanya dilakukan oleh putri batak dimulai dengan posisi tangan disamping pinggang,dan kemudian digerakkan dengan tangan kanan melingkar kemudian kembali tangan ke depan ulu hati.adapun makna dari tortor ini adalah melambangkan sifat dan karakter boru ni raja (putri batak) yang penyabar,penyayang,dan selalu menyembunyikan kekurangan dari suaminya dan anak-anaknya kepada orang lain.
  • tortor hahuasion,biasanya dilakukan oleh laki-laki dimulai dengan posisi sempurna dengan posisi kedua tangan disamping pinggang,kemudian digerakkan perlahan dengan telapak tangan keatas sampai sejajar dengan dada kemudian tangan kanan naik keatas dengan telapak arah ke atas sampai batas dada kemudian tangan kiri disamping pinggang dengan telapak arah ke bawah dan diulangi beberapa kali.adapun makna dari tarian ini adalah melambangkan sifat pria batak yang bijaksana dalam memimpin rumah tangga dan tidak membeda-bedakan keluarga dan menjadi pemimpin yang menjadi panutan ditengah masyarakat.
  • tortor manerser dilakukan oleh boru ni raja (putri batak) dilakukan sambil mangurdot secara bersama-sama,adapun makna dari tarian ini adalah kebersamaan putri batak toba dalam kehidupan sehari-hari,saling menolong apabila ada yang kekurangan sehingga berkat yang diberikan tuhan semakin berlimpah.biasanya tortor ini dilakukan untuk pertunjukan.
  • tortor pasu-pasu. dilakukan oleh pria dan wanita.tortor ini biasanya dilakukan oleh pihak hula-hula dengan gerakan kedua tangan berada didepan dan kedua telapak tangan ke arah depan yaitu simbol memberi berkat.adapun makna dari tarian ini adalah penyampaian berkat oleh tuhan yang maha kuasa melalui raja hula-hula,tulang,orang tua,agar yang menerima berkat diberi keturunan,rejeki yang berlimpah dan sehat selalu.

Pada saat dilakukan manortor harus menggunakan ulos baik pria maupun wanita,dengan cara di buat selendang di bahu.sebagai bentuk menghormati leluhur yang lebih dahulu hidup didunia ini.ulos yang digunakan tidak boleh asal-asalan atau sembarangan,tetapi harus sesuai dengan acara yang berlangsung.